1 2 1 ok 2 ok 3 ok 4 ok

 

287 Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Palembang Ikuti Praktek Klinik

 STIKES Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) gelar acara Peresmian Praktek Klinik dan Angkat Janji, untuk Program Studi S1 Keperawatan, DIII Keperawatan, dan DIII Kebidanan. Praktek Klinik tersebut diikuti 287 mahasiswayang terdiri dari mahasiswa  Program Studi  S1 Keperawatansebanyak 136 mahasiswa, DIII Keperawatan60 mahasiswa danDIII Kebidanan 91 mahasiswa. Acara tersebut dilaksanakan, Rabu (25/4) bertempat di Aula STIKes MP.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan PWM Sumsel, Kopertis Wilayah II, Dinkes Provinsi Sumsel, Ketua PPNI Palembang dan Sumsel, Ketua IBI Palembang dan Sumsel, serta perwakilan dari 6 Rumah Sakit lahan praktek, yang terdiri dari RS Muhammadiyah Palembang, RSKusta Dr. Rivai Abdullah   Palembang, RSUD Palembang Bari, RS Ak Gani Palembang, RS Ernaldi Bahar Palembang, dan RS Pusri Palembang.

Dalam sambutannya Ketua STIKes MP Sri Yulia SKp Mkep mengatakan Praktek Klinik Keperawatan, Kebidanan dan Teknologi Laboratorium Medis merupakan suatu kegiatan yang dirancang untuk memberikan keterampilan atau skill dan pengalaman kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan pasien, keluarga pasien maupun dengan sejawat yang ada di RS atau lahan praktek mahasiswa melaksanakan praktek klinik sehingga diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman melaksanakan praktek dengan benar, terarah dan terencana sesuai dengan prinsip dan etika profesi keperawatan serta etika profesi kebidanan.

“Praktek klinik merupakan salah satu upaya STIKes MP dalam pelaksanaan proses pendidikan yang berkualitas di lapangan yaitu RS/BPS melalui pencapaian kompetensi profesional dan islami secara nasional dan global.Sedangkan  pada proses pembelajaran  di program studi S1 Keperawatan, DIII Keperawatan, DIII Kebidanan STIKes Muhammadiyah Palembang terdiri dari teori yang mahasiswa dapat diruang kuliah, praktikum yang dilaksanakan diruang laboratorium, kemudian praktek klinik yang dilaksanakan di RS, puskesmas dan lahan praktek lainnya,” ujar Sri Yulia

Sejak Agustus2014 telah Akreditasi Institusi Badan Akreditasi Nasional PT dengan predikat Baik (B) serta Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan, DIII Fisioterapi, DIII Keperawatan, DIII Kebidanan,  dan Prodi SI Keperawatan & Program Ners juga Terakreditasi B oleh BAN PT & LAMPTKes.  Sedangkan Prodi yang baru Sarjana Terapan (DIV) Teknologi Laboratorium Medis, yang saat ini semua prodi sedang dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru TA. 2018/2019.

Dengan Praktek Klinik tersebut diharapkan mahasiswa dapat menggali pengalaman  melalui praktik kinik dan  mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang didapat dengan praktek langsung di lapangan/lahan praktek, mahasiswa dapat melakukan pelayanan kesehatan  serta meningkatkan peran serta sebagai tenaga kesehatandi dalam menanggulangi kasus-kasus kesehatan (105/adv).