Sabtu (3/11), Ibu Siti Khuzaiyah, SST., M.Kes.,CIMI.,CSBP.,CHt.,CI IBH Certified Instruction Infant Massage merupakan Pengurus dan Instruktur Indonesia Holistic Care Association (IHCA) sekaligus Dosen STIKes Muhammadiyah Pekajangan memberikan kuliah tamu di STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) dengan topik Holistic Care In Midwifery Practice.

Kuliah Tamu dibuka Wakil Ketua I Bapak Heri Shatriadi, S.Pd.,M.Kes. Dalam sambutannya beliau berharap mahasiswa Prodi DIII Kebidanan dapat mengaplikasikan konsep yang mendasari tindakan kebidanan dalam menangani pasien tidak hanya secara medis namun juga dapat memberikan asuhan secara menyeluruh kepada pasien khususnya ibu dan anak melalui pendalaman materi holistic care dari pemateri yang kompeten di bidangnya, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu dengan akhlak (AIK) yang baik.

Ibu Siti Khuzaiyah menjelaskan bahwa pikiran juga dapat mempengaruhi kesehatan kita. Sehat merupakan rangkaian 3 unsur yaitu main, body dan spirit. Tubuh kita akan menyeimbangkan sendiri ketika beradaptasi pada suatu kondisi disebut homeostasis (keseimbangan). Jadi apapun tugas kita sebagai, asuhan ke pasien berikan penjelasan bahwa obat sebagai perantara dan kembalikan kepada keyakinan kepada Allah yang akan menyembuhkan, pancarkan energi yg positif, sebelum anda ke pasien agar pasien nyaman dengan kita.

Selanjutnya mahasiswa dilatih bagaimana seorang bidan menghadapi pasien melalui asuhan Holistic Care dan terapi yang dapat digunakan sehingga pasien dibuat nyaman dan tenang.