MUNAS Pengelola Asrama Mahasiswa PTMA se-Indonesia

MUNAS Pengelola Asrama Mahasiswa PTMA se-Indonesia

Category : Berita Utama

Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) merupakan bagian yang  penting dan tidak terpisahkan dari gerakan dakwah Muhammadiyah. Bahkan PTMA merupakan salah satu wahana penyemaian kader persyarikatan dan kader umat yang akan menjunjung dan melaksanakan misi dan cita-cita Muhammadiyah untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Cita-cita luhur ini telah menjadi keyakinan dan keinginan Muhammadiyah sejak didirikan dan akan terus bergaung untuk menjadikannya lebih berarti bagi Republik Indonesia agar menjadi negara yang tenteram, maju, bermartabat dan sejahtera.

Alhamdulillah, hingga saat ini sudah lebih 35 PTMA di seluruh Indonesia yang telah memiliki asrama atau ma’had, baik yang membangun sendiri maupuan  hibah dari Pemerintah Indonesia (RUSUNAWA). Harapannya, keberadaan asrama akan menjadi problem solving dari permasalahan PTM terkait dengan kader Muhammadiyah sebagaimana yang dijelaskan di muka. Dan lebih dari itu, keberadaan asrama harus diselenggarakan dan dikelola dalam kerangka pemikiran di atas. Keberadaan Asosiasi Pengelola Asrama (ASLAMA) PTMA yang telah berdiri 3 tahun yang lalu diharapkan dapat mengayunkan langkah kaki bersama mengemban tugas dan amanah bersama seluruh asrama PTMA.

Untuk memantapkan peran dan fungsinya itulah, ASLAMA bersama Majelis Dikti PP Muhammadiyah menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Musyawarah Nasional (Munas) yang berlangsung pada Jum’at – Ahad, 23-25 Nopember 2018 bertempat di Hotel Gets Semarang dengan mengundang seluruh direktur/mudir/kepala asrama PTMA se-Indonesia. Agenda penting dalam Rakor ini adalah memantapkan pengelolaan asrama dalam hal leadership dan kurikulum untuk bagi pengembangan kader persyarikatan. Rakor ini juga digunakan untuk melaksanakan proses regenerasi dan restrukturisasi pada kepemimpinan ASLAMA ke depan. 

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua ASLAMA, Ghoffar Ismail, S.Ag., M.A., serta dilanjutkan dengan pengarahan yang disampaikan oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D.

STIKes MP ikut berperan serta dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan tiga peserta yaitu Sri Yulia, S.Kp., M.Kep. selaku Ketua STIKes Muhammadiyah Palembang yang juga merupakan Pengurus Aslama Pusat, Muhammad Sulaiman, S.Pd.I., B.I.S., M.Pd. selaku kepala unit asrama, dan Rujito Dwi Julianto, S.Kep.Ners. selaku staf asrama.


Translate »