1 9 10 11

BEKERJASAMA dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat Bencana Indonesia (HIPGABI) Sumsel, STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) menggelar pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS). Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 27 hingga 30 Juli 2017, dengan jumlah peserta sebanyak 42 mahasiswa Program Studi DIII Keperawatan STIKes MP. Pelatihan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua I STIKes MP Heri Shatriadi.

Pelatihan BTCLS ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengatasi kejadian-kejadian yang mengancam jiwa, baik dipelayanan kesehatan maupun masyarakat yang membutuhkan penanganan segara, Terampil dan Kompeten.

Pelatihan BTCLS ini rutin dilakukan setiap tahunnya, dan merupakan syarat wajib yang harus dilalui bagi para calon Alumni DIII Keperawatan STIKes MP. Selain merupakan bekal bagi lulusan, hampir diseluruh RS bahwa sertifikat pelatihan BTCLS ini merupakan syarat Administrasi yang harus dimiliki dalam melamar pekerjaan. Disamping itu, Kegawatdaruratan ini merupakan keunggulan Prodi DIII Keperawatan STIKes MP. Diharapkan upaya-upaya yang dilakukan tersebut dapat mewujudkan visi dan misi program studi dalam mencetak tenaga kesehatan yang Profesional dan Islami.

Dalam sambutannya, Wakil ketua I Heri Shatriadi mengharapkan dengan pelatihan ini akan adanya Upgrade pengetahuan bagi para mahasiswa DIII Keperawatan STIKes MP, selain itu Sertifikat BTCLS ini juga sangat penting dimiliki para lulusan untuk merambah ke dunia kerja, baik di klinik maupun RS yang juga mewajibkan calon pelamar memiliki keterampilan dan sertifikat BTCLS. Oleh karena itu, Pelatihan BTCLS ini kita masukkan daalam program akademik. Tidak hanya DIII Keperawatan, prodi lain kami juga memberikan pelatihan wajib yang bekerjasama dengan Himpunan lembaga Institusi kesehatan dari masing-masing Profesi. Semua ini dilakukan untuk memberikan bekal bagi lulusan STIKes MP agar memiliki keunggulan akademik yang lebih baik dari lulusan kesehatan lainnya.

Pelatihan BTCLS ini dilakukan dengan metode ceramah, diskus, tanya jawab dan Praktikum, dengan narasumber tim Pelatihan BTCLS dari HIPGABI Sumsel. Pembukaan pelatihan BTCLS tersebut juga dihadiri Ketua HIPGABI Sumsel bapak Subhan, Ketua BPH STIKes MP Abu Hanifah, ketua Prodi DIII Keperawatan Maya Fadillah, para dosen serta mahasiswa peserta Pelatihan BTCLS