12495933_1065740323488616_3695440452348720057_o

Salah satu upaya Sekolah Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) dan Program Studi meningkatkan mutu lulusan adalah dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Terpadu, PKL ini ditambahkan dengan kata “terpadu” artinya dalam pelaksanaan PKL Terpadu ini terjadi kolaborasi antara program studi yaitu kesehatan lingkungan, kebidanan dan keperawatan untuk mencari solusi dan alternatif pelaksanaan kegiatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan tentunya bekerjasama dengan pemerintahan setempat dan masyarakat. Tahun 2016 STIKes MP melakukan PKL Terpadu di Kabupaten OKI. Peserta PKL Terpadu akan disebar di 13 desa yang berada diwilayah kecamatan SP Padang. Ratusan mahasiswa STIKes MP tersebut disambut hangat Bupati OKI yang diwakili Sekda OKI H Husin SPd MM didampingi Assisten III Bidang Umum dan Kesra H Masherdata Musa’i SH MSi, Camat SP Padang, 13 Kades lahan praktek, unsur muspida OKI serta tamu undangan lainnya, Senin (7/3) bertempat di Kantor Pemkab OKI.

PKL Terpadu STIKes MP tersebut akan berlangsung dari tanggal 7 hingga 28 Maret 2016, sebanyak 203 mahasiswa-mahasiswi, dengan rincian Prodi D3 Kesling 23 mahasiswa, Prodi D3 Keperawatan 50 mahasiswa dan Prodi D3 Kebidanan 130 mahasiswa.

Dalam sambutannya Ketua STIKes MP Sri Yulia SKp MKep mengatakan STIKes MP merupakan salah satu perguruan tinggi dibawah naungan Persyarikat Muhammadiyah yang berada di Palembang. STIKes MP ini pada mulanya pada tahun 1984 berbentuk SPK, kemudian 1994 dan 1995 dikonversi menjadi AKL, AKPER dan AKFIS Muhammadiyah Palembang dan pada tahun 2006 secara resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang dengan penambahan program studi S1 Keperawatan dan Diploma 3 Kebidanan. Dan sampai saat ini STIKes Muhammadiyah Palembang memiliki 5 program studi dan 1 program pendidikan profesi yang semuanya telah terakreditasi B.

“Saat ini STIKes MP secara institusi telah terakreditasi dengan Peringkat B, dan merupakan satu-satunya sekolah tinggi kesehatan di SUMSEL memperoeh hasil tersebut. STIKes MP merupakan 1 dari 4 perguruan tinggi yang ada di kota Palembang yang masuk program peningkatan dari akreditasi B menjadi akreditasi A. Oleh karena itu segenap warga STIKes MP selalu berkomitmen untuk menjaga mutu dan selalu terus berupaya meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu lulusan atau alumni sehingga mampu bersaing di pasar kerja dalam lingkup lokal, nasional, regional dan global,” ujar Sri Yulia.

Dalam sambutannya Sekda OKI H Husin SPd MM mengharapkan peserta PKL Terpadu STIKes MP dapat dirasakan manfaatnya dan mampu memberikan layanan kesehatan terbaik untuk warga 13 desa di kecamatan SP Padang OKI. Atas nama Pemkab OKI beliau memberikan apresiasi kepada STIKes MP karena telah memilih Kabupaten OKI sebagai lahan praktek, sehingga juga ikut memberikan kontribusi bagi pembangunan kesehatan di Kabupaten OKI