Sebanyak 521 mahasiswa baru, yang terdiri prodi PSIK A berjumlah 104 orang, PSIK B 58 orang, Profesi NERS 93 orang, D3 keperawatan 57 orang, D3 kebidanan 98 orang, D3 Fisioterafi 51 orang, D3 kesehatan lingkungan 32 orang, DIV TLM 29 orang, dan Bidikmisi berjumlah 5 orang ikuti Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK)  STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP). Kegiatan ini digelar dari tanggal 3 hingga 10 September 2018 dan peserta diinapkan di Asrama STIKes MP.

Dijelaskan oleh ketua STIKes MP Sri Yulia SKp Mkep bahwa P2KK ini dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan yang berisi pembinaan dan pembelajaran dan difokuskan kepada pengembangan kepribadian dan keisalaman.  Ini merupakan pembinaan awal yang bisa dilakukan oleh STIKes MP untuk seluruh mahasiswa baru agar mampu beradaptasi dengan baik dalam proses pembelajaran dalam atmosfir pendidikan.

“Kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan mahasiswa tentang pentingnya kualitas personal yang harus dimiliki setelah mereka menyelesaikan pendidikan di STIKes Muhammadiyah Palembang.  Kegiatan P2KK ini telah dilaksanakan dari tahun 2014 dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru STIKes MP serta mahasiswa yang belum mengikuti P2KK tahun sebelumnya”, ujarnya.

“Peserta P2KK STIKes MP diharapkan menjadi mahasiswa yang tidak hanya cerdas dalam akademik, namun bermoral dan mempunyai jiwa kepemimpinan dengan  membentuk kepribadian mahasiswa yang mempunyai karakter yang kuat dan berani dalam memimpin sebuah organisasi serta pemahaman Al Islam Kemuhammadiyah.  P2KK juga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam program pembinaan kemahasiswaan khususnya dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan di masyarakat dan juga tantangan kehidupan di masa depan”, pungkasnya.

Program P2KK menjadi model contoh praktek yang baik terkait tahap awal menyiapkan mahasiswa beradaptasi dengan kondisi kampus, menghindari hal-hal negatif, dan dapat mengoptimalkan upaya untuk menjalani proses perkuliahan dengan baik demi membentuk tenaga kesehatan yang Profesional, Unggul dan Islami dengan memberikan materi Al Islam Kemuhammadiyahan sebagai realisasi dari cirri khusus Mahasiswa Muhammadiyah.