STIKes MP terus menggelar kegiatan Internasionalisasi-nya, dalam rangka peningkatan status Akreditasi yang saat ini B menjadi Akreditasi A, sekaligus menggapai tujuan perubahan bentuk dari STIKES menjadi INSTITUT yang saat ini tengah didorong oleh Pimpinan Muhammadiyah Pusat kepada STIKes MP. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan Summer Camp dibuka Ketua STIKes MP di Aula STIKes MP, Rabu 1 Agustus 2018.

Pembukaan ini dihadiri oleh Prof. Romli, SA., M.Ag PWM Sumatera Selatan, Endang Zakaria, M.Pd Kepala KUI Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Dr. Ir. Mukhtaruddin Muchsiri, M.P Wakil Rektor IV UMP, Perwakilan Polsekta Seberang Ulu II, Dinas Pariwisata Kota Palembang dan Mr. Randall Carter sebagai tamu undangan.

Kegiatan Summer Camp ini sangat strategis bagi STIKes MP sebagai upaya kerjasama antar KUI Perguruan Tinggi Provinsi, maupun antar negara, agar dapat mengenal budaya serta tradisi yang beragam. “kegiatan ini sangat membantu STIKes MP dalam mengenalkan, mempromosikan, serta menggairahkan kembali pariwisata di Sumsel. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat menambah wawasan semua pihak. Summer Camp ini merupakan salah satu kegiatan mahasiswa tentang pencapaian kualitas hidup petani Teh dan Kopi dikawasan gunung dempo, dan juga memperkenalkan makanan khas dan budaya palembang sehingga dapat berkontribusi dalam menggalang penguatan kerjasama internasional, khususnya di wilayah ASEAN dan belahan benua lainnya, serta mendukung pilar komunitas ASEAN melalui perkembangan budaya dan Pariwisata,” ujar Sri Yulia.

Peserta Summer Camp ini adalah mahasiswa asing yang ada di lingkup Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah yang ada di Indonesia, dan mahasiswa asing yang jadi bagian dalam lingkup kerjasama atau belum melakukan kerjasama di STIKes Muhammadiyah Palembang yang berjumlah 36 Partisipan berasal dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, STIKes Muhammadiyah Pringsewu, Universitas Muhammadiyah Palembang dan Mahasiswa dari Qatar. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 10 Agustus bertempat di Kota Pagar Alam. Ada 4 lokasi yang dikunjungi peserta Summer Camp 2018, yaitu Limas House Palembang, Air Terjun Megalith Lahat, Kebun teh dan Kopi Pagaralam.

PWM menyambut baik kegiatan Summer Camp yang pertama kali ini, bertujuan untuk mempromosikan institusi STIKes MP ke mancanegara. Selanjutnya Kepala KUI PTM mengatakan kegiatan ini memberikan kesempatan peserta Summer Camp untuk belajar praktek lapangan dan menginformasikan kembali pengalaman yang telah didapat ke daerah atau negaranya masing-masing.