3B 2A 15A

 

STIKES Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) hampir berusia 12 tahun, saat ini memiliki 7 program studi (Prodi) yaitu S1 Keperawatan, Program Profesi Ners, D3 Keperawatan, D3 Kesehatan Lingkungan, D3 Fisioterapi, D3 Kebidanan dan Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medik dengan nama lain D4 Analis Kesehatan. Secara Institusi STIKes MP telah TERAKREDITASI B dan masing-masing prodi juga telah Terakreditasi B. STIKes MP tengah mengajukan penambahan prodi baru (Sarjana Gizi, Rekam Medik dan Profesi Bidan) serta beberapa prodi lainnya, sekaligus sedang mengusulkan perubahan bentuk STIKes MP menjadi INSTITUT, yang proses usulannya akan dilakukan tahun ini. Usulan perubahan bentuk menjadi Institut tersebut diungkap oleh Ketua STIKes MP Sri Yulia SKp Mkep pada acara peresmian Gedung baru STIKes MP, Rabu (14/3).

Gedung baru STIKes MP tersebut diresmikan oleh  Sekretaris PP Muhammadiyah DR.H.AgungDanarto,M.Ag.Turut hadir dalam peresmian tersebut Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad MSc PhD, Ketua PW Muhammadiyah Sumsel DR H Romli SA Mag, Kopertis Wilayah II Sumsel Prof H Slamet Widodo MPd, Ketua BPH STIKes MP Drs H Abu Hanifah, Ketua Aptisi Wilayah II Drs H Muhammad Helmi MS, Rektor UMP Abid Djazuli SE MM, Direktur BPJS Kesehatan Palembang Diah Sofiawati Ssi Apt serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua STIKes MP Sri Yulia mengatakan seiring dengan kemajuan peningkatan jumlah mahasiswa dan daya tampung asrama bagi mahasiswa, serta melihat kondisi bangunan yang ada menuntut pihak pengelola dalam meningkatkan fasilitas yang ada baik akademik maupun non akademik, yaitu perencanaan awal pembangunan gedung perkantoran, ruang kuliah dan asrama. “kampus STIKes MP berdiri di atas tanah seluas 10.262 meter persegi yang terdiri atas bangunan gedung lama dan gedung baru serta lahan parkir dan ruang terbuka. Digedung baru ini terdapat bangunan yang diperuntukkan untuk asrama mahasiswa sebanyak 45 kamar dengan kapasitas 600 mahasiswa, masing-masing kamar seluas 4 x 8 meter untuk 8 mahasiswa dengan dilengkapi beragam fasilitas seperti, kamar mandi, AC, Laundry dan lain-lain,” ujarnya.

“diharapkan keberadaan gedung baru ini dapat lebih memotivasi kami semua dalam meningkatkan pelayanan akademik dan kemahasiswaan dengan lebih baik lagi. Kami percaya, insyaallah STIKes MP mampu terus berkembang dan menjadi institusi kesehatan yang dapat bersaing sehingga mahasiswa yang menimba ilmu disini menjadi lulusan yang membanggakan. Seiring dengan perubahan bentuk yang sedang kami ajukan, kami juga sedang berusaha memperluas lahan dengan cara mencari alternatif lahan baru,” ungkap Sri Yulia.

Sekretaris PP Muhammadiyah DR. H. Agung Danarto, M.Ag mengatakan diresmikannya gedung baru yang dinilai sangat representatif ini menjadi bukti nyata kemajuan-kemajuan yang ada di STIKes MP, sekaligus bukti dari komitmen segenap civitas akademika STIKes MP dalam meningkatkan mutu lulusan STIKes MP yang Profesional dan Islami. Beliau berharap STIKes MP terus mempertahankan dan juga meningkatkan prestasi-prestasi yang dicapai STIKes MP sebagai salah satu Sekolah Tinggi Kesehatan terbaik di Provinsi Sumsel.

Sementara itu, Kopertis Wilayah II Sumsel Prof H Slamet Widodo MPd berharap agar STIKes MP tahun ini secepatnya menuntaskan proses pengajuan perubahan bentuk dari STIKes MP menjadi Instititut Teknologi dan Ilmu Kesehatan. Jika hal perubahan bentuk tersebut terealisasi, akan menjadi Institut kesehatan pertama yang ada di Sumsel, dan akan berdampak positif terhadap kemajuan pendidikan kesehatan di Provinsi Sumsel.

Selain peresmian gedung, pada hari tersebut STIKes MP juga melaksanakan penandatanganan MoU antara BPJS Kesehatan Cabang Palembang. Hal tersebut merupakan salah satu upaya STIKes MP untuk memfasilitasi kebutuhan akan jaminan kesehatan bagi mahasiswa STIKes MP sesuai dengan standar mutu pelayanan kepada mahasiswa yaitu kesehatan.

Pada hari yang sama dilaksanakan seminar dengan tema Penguatan Internasionalisasi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah oleh Prof. H. Lincolin Arsyad, Ph.D Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Yogyakarta, yang dihadiri oleh segenap Civitas Akademika STIKes Muhammadiyah Palembang, Amal Usaha Muhammadiyah dan Stakeholder