DIII Kebidanan

Visi Misi dan Tujuan Program Studi DIII Kebidanan

SEJARAH

STIKes Muhammadiyah Palembang dimulai dari berdirinya Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Muhammadiyah Palembang tahun 1984  kemudian  Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) tahun 1994 sedangkan Akademi Fisioterapi (AKFIS) berdiri 1995, seiring dengan perubahan / konversi SPK menjadi AKPER.  Dalam perkembangan dunia pendidikan, akhirnya pada tahun 2006 Akademi Kesehatan (AKPER, AKL, AKFIS) Muhammadiyah Palembang bergabung menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Palembang yang disahkan dalam SK Mendiknas 214/D/O/2006 tanggal 08 September 2006 dengan penambahan Program Studi Ilmu Keperawatan dan Program Studi Ilmu Kebidanan.

VISI

VISI Program Studi DIII Kebidanan adalah Menjadikan Program Studi Diploma III Kebidanan yang Islami, Berkemajuan, Berdaya Saing dan Unggul dalam Asuhan Holistik Kebidanan.

MISI

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang berkemajuan dan terintegrasi Al Islam Kemuhammadiyahan.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendukung keunggulan Prodi DIII Kebidanan yaitu Asuhan Holistik dalam Kebidanan dan terintegrasi Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  3. Mengembangkan suasana akademik yang menunjang tercapainya keunggulan Program Studi DIII Kebidanan yaitu Asuhan Holistik dalam kebidanan khususnya terapi intervensi pikiran, tubuh dan penyembuhan manual.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga dalam lingkup nasional dan global guna meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa.

Tujuan Program Studi

A. Tujuan Umum;

Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli madya kebidanan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan tenologi serta berakhlaq mulia dan profesional untuk mendukung terwujudnya masyarakat sehat dan islami.

B. Tujuan Khusus;

  1. Melaksanakan program pendidikan Ahli Madya yang menghasilkan lulusan mampu untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja baik Nasional maupun International.
  2. Meningkatkan kemampuan penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat dalam rangka penerapan Catur Dharma Perguruan Tinggi
  3. Memupuk dan mengembangkan jaringan kerja sama kemitraan dengan ekternal seperti pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha dan industri, lembaga-lembaga IPTEK baik didalam maupun luar negeri.
  4. Meningkatkan produktivitas dan kualitas lulusan yang memiliki integritas keperibadian dan nilai-nilai islami dalam kaitan kehidupan individu dan sosial.
  5. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui kegiatan Praktik Kerja Lapangan dan Daerah Binaan kepada masyarakat.

Sasaran Program Studi

Menjadikan mahasiswa sebagai tenaga Ahli Madya Kebidanan yang kompeten serta profesional dengan mengacu pada standar kompetensi Kebidanan dan kurikulum operasional Program studi DIII Kebidanan yaitu meningkatkan IPK Minimal lulusan yaitu 3,25 dengan lama kuliah tepat waktu, sehingga diharapkan para lulusan langsung diserap oleh lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keilmuannya pada tahun 2017


Translate »