DIII Kesehatan Lingkungan

Visi Misi dan Tujuan Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan

DESKRIPSI

STIKes Muhammadiyah Palembang dimulai dari berdirinya Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Muhammadiyah Palembang tahun 1984  kemudian  Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) tahun 1994 sedangkan Akademi Fisioterapi (AKFIS) berdiri 1995, seiring dengan perubahan / konversi SPK menjadi AKPER.  Dalam perkembangan dunia pendidikan, akhirnya pada tahun 2006 Akademi Kesehatan (AKPER, AKL, AKFIS) Muhammadiyah Palembang bergabung menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Palembang yang disahkan dalam SK Mendiknas 214/D/O/2006 tanggal 08 September 2006 dengan penambahan Program Studi Ilmu Keperawatan dan Program Studi Ilmu Kebidanan.  Dan sampai sekarang STIKes Muhammadiyah Palembang memiliki 5 (lima) Program Studi.

VISI

Menjadikan program studi Kesehatan Lingkungan STIKes Muhammadiyah Palembang yang unggul dalam bidang sanitasi  industri dengan mengutamakan aspek profesional, Islami, berkemajuan dan berdaya saing nasional dan global.

MISI

  1. 1.Menyelenggarakan pendidikan ahli madya kesehatan lingkungan yang berkemajuan melalui pengembangan pengetahuan, moralitas yang unggul dan Islami dalam bidang kesehatan lingkungan industri.

  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan pengetahuan dan pemecahan masalah kesehatan lingkungan.

  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam mengimplementasikan kompetensi dibidang kesehatan lingkungan.

  4. Melaksanakan tata kelola pendidikan dan manajemen organisasi yang sesuai dengan prosedur dan standar mutu pelayanan.

  5. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

  6. Mengembangkan kemitraan lintas sektor dalam pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  7. Menjalin kerjasama dari dalam negeri dan luar negeri. 

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga yang profesional di bidang kesehatan lingkungan (Ahli Madya) yang berakhlakul karimah, profesional, kompeten, berwawasan nasional dan global, sehat dan mandiri serta mempunyai kualifikasi untuk melakukan profesi di bidang kesehatan lingkungan dalam suatu sistem pelayanan kesehatan masyarakat dan klinik sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar kerja.
  2. Menciptakan tenaga sanitasi yang berwawasan global, profesional dan tetap memegang teguh nilai-nilai keislaman.

SASARAN DAN STRATEGI

Sasaran dan strategi pencapaian program studi adalah menjadikan mahasiswa sebagai tenaga ahli kesehatan lingkungan yang unggul di bidang sanitasi lingkungan serta profesional dengan mengacu pada standar kompetensi sanitarian Kep. Menkes No. 373/Menkes/SK/III/ 2007 tentang Standar Profesi Sanitarian dan kurikulum operasional yang mengacu pada Surat Keputusan Ketua STIKes No. 0752/Kep/II.3.AU/F/2012 tentang Kurikulum Operasional Program Studi D III Kesehatan Lingkungan yaitu meningkatan IPK minimal dari lulusan yaitu 3,00  dengan lama kuliah tepat waktu, sehingga diharapkan para lulusan langsung diserap oleh lapangan kerja yang sesuai dengan bidang keilmuannya pada tahun 2017. Strategi pencapaian yang akan dilakukan pada tahun 2017 adalah dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen pengajar, mengusulkan penambahan ruang dan fasilitas laboratorium (sehingga semua kompentensi praktikum yang ada, dapat dicapai karena yang terpenting adalah tingkat kemampuan dan skill lulusan yang unggul dan profesional.


Translate »