Peserta Summer Camp ini adalah mahasiswa asing yang ada di lingkup Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah yang ada di Indonesia, dan mahasiswa asing yang jadi bagian dalam lingkup kerjasama atau belum melakukan kerjasama di STIKes Muhammadiyah Palembang yang berjumlah 36 Partisipan berasal dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, STIKes Muhammadiyah Pringsewu, Universitas Muhammadiyah Palembang dan Mahasiswa dari Qatar dan Thailand. Mereka belajar bercocok tanam di Perkebunan Teh dan Kopi Wilayah PTPN 7 – Desa Talang Darat, Pagar Alam, Sumatera Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 5 Agustus bertempat di Kota Pagar Alam. Ada 4 lokasi yang dikunjungi peserta Summer Camp 2018, yaitu Limas House Palembang, Air Terjun Megalith Lahat, Kebun teh dan Kopi Pagaralam. Sedangkan di STIKes MP dari tanggal 6 hingga 10 Agustus 2018.

Kegiatan berlanjut dengan beberapa lomba yang diadakan di STIKes MP, antara lain Lomba Oral Presentation, Masak Nasi Goreng, Culture Show, Yelyel. Peraih gelar King Mahasiswa dari Qatar, sedangkan gelar Queen Mahasiswa asing dari Thailand yang menempuh pendidikan di UMJ.

Jumat, 10 Agustus 2018 menjadi akhir dari penyelenggaraan Summer Camp STIKes MP yang resmi ditutup Ketua STIKes MP. Apresiasi yang besar beliau sampaikan atas kerja keras panitia penyelenggara dan pihak-pihak terkait, khususnya kepada pemerintah Kota Pagaralam berkat kerjasamanya selama peserta berkegiatan keadaan aman dan nyaman.

Beliau juga berharap kegiatan ini menjadi pengalaman yang berharga bagi semua peserta dan panitia penyelenggara, Program Summer Camp agar menjadi kegiatan rutin STIKes MP kedepannya.