Sesuai visi STIKes MP menjadi perguruan tinggi kesehatan yang islami, berkemajuan dan berdaya saing serta salah satu misi yaitu menyelenggarakan pendidikan yang berkemajuan dan berkualitas melalui pencapaian kompetensi profesional dan islami secara nasional dan internasional.

 Kegiatan ini merupakan Sosialisasi Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan Melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Mahasiswa STIKes MP Angkatan II Tahun 2018 merupakan bentuk partisipasi dan kerjasama STIKes MP dengan Pemerintahan dalam bentuk meningkatkan mutu pendidikan pelayanan Kesehatan guna mengembangkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang Optimal.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu 7 Juli 2018 di STIKes MP ini, dihadiri Kepala Bidang SDM Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Yusnita Satyafitri, SKM., MM, para jajaran pimpinan STIKes MP dan Dosen.

Dalam sambutannya Ketua STIKes MP mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah melalui Menteri Ristekdikti dan Menteri Kesehatan yang telah memberikan kepercayaan menunjuk STIKes MP dalam melaksanakan Program RPL. Mengingat STIKes MP adalah salah satu institusi yang berakreditasi B di Sumatera Selatan. Adapun Program RPL yang telah berjalan di STIKes MP ini adalah : RPL DIII Kebidanan, DIII Keperawatan dan DIII Kesehatan Lingkungan merupakan Angkatan II tahun 2018/2019.

Dengan harapan di tahun 2020 mendatang sudah tidak ada lagi Tenaga Kesehatan yang berlulusan DI (Diploma 1), untuk itu STIKes MP sebagai salah satu Perguruan Tinggi Kesehatan yang ditunjuk wajib menjalankan Penyelenggaraan Pendidikan Program Percepatan JPM/DI ke DII melalui RPL ini dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan, intelektual, akhlak mulia dan keterampilan.