STIKes MP Gelar Seminar dan Pelatihan Basic Manual Therapy For Musculosceletal Problem

STIKes MP Gelar Seminar dan Pelatihan Basic Manual Therapy For Musculosceletal Problem

Category : Berita Utama

4 5 22

 

16 23

 

STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas melalui pencapaian kompetensi profesional dan islami sesuai dengan visi misi, sehingga memacu STIKes MP untuk terus memperbaiki dan berusaha dalam mengembangkan kemitraan dengan organisasi institusi dalam lingkup nasional dan global. Bentuk kerjasama tersebut dengan menggelar seminar dan pelatihan, dengan narasumber dari organisasi dan Institusi mitra STIKes MP.

Program Studi DIII Fisioterapi sebagai salah satu Program Studi yang ada di STIKes MP   yang Terakrediatsi B dan mempunyai peluang kerja yang menjanjikan, tentunya memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan dari para alumni nantinya. Program Studi Fisioterapi STIKes MP menggelar Seminar dan Pelatihan Basic Manual Therapy For Musculosceletal Problem, dengan Narasumber  Safrin Arifin, SKM., SST. Ft., M. Sc, selaku Dosen Vokasi Program Studi Fisioterapi, Universitas Indonesia, Sabtu (30/4).

Sri Yulia, SKp., M.Kep sebagai Ketua STIKes MP dalam sambutanya mengatakan Manual Terapi merupakan intervensi yang murni hanya menggunakan tangan fisioterapis tanpa unsur elektroterapiutis. Oleh karena itu, intervensi Manual Terapi memerlukan skill khusus dari tangan seorang fisioterapis. Dalam buku terbarunya “The Mulligan Concept of Manual Therapy, Brian Mulligan menyebutkan bahwa manual terapi adalah gabungan dari seni dan science. Dalam mengaplikasikan manual terapi secara efektif, seorang fisioterapis harus mampu mendiagnosa dan menetapkan intervensi apa yang efektif untuk mengatasi suatu permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas fungsional.“Kami berharap mahasiswa program studi DIII Fisioterapi STIKes MP, nantinya akan menjadi tenaga Fisioterapis yang profesional dan islami dan memiliki keunggulan di bidang Manual Therapy lebih khusus pada kondisi Musculosceletal. Juga kepada seluruh peserta seminar dan pelatihan ini mendapatkan penambahan wawasan keilmuan dibidang Fisioterapi,” ujar Sri Yulia.

 

 


Translate »