Implementasi MoU pada Januari 2018 yang lalu antara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dengan Monash University Australia diwujudkan melalui Pelatihan Leading and Managing Internationalisation in Higher Education (LMIHE) selama 5 hari 1-5 Oktober 2018 di Monash University.

Hal ini sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelola Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) dalam menginternasionalisasikan Perguruan Tingginya untuk menuju World Class University.

STIKes MP dan 10 PTM lainnya di Indonesia mengikuti LMIHEĀ  dengan jumlah peserta 26 orang. Perwakilan STIKes MP yaitu Aristoteles, S.Kep., M.Kes (Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis) dan Anita Apriany, S.Kp.Ns.,M.Bmd (Ketua Program Studi S1 Ilmu Keperawatan).

Sebagai Koordinator Pelaksana Program dan Pendamping Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec berharap pelatihan iniĀ bisa berlangsung sukses secara teknis dan substantif.

Diharapkan pelaksanaan pelatihan kepemimpinan dan internasionalisasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan internasionalisasi perguruan tinggi dan manajemen kepemimpinan yang baik serta mengembangkan kemampuan komunikasi dalam penguasaan bahasa asing yang berdampak pada akreditasi perguruan tinggi.