15 19 20 24 30 31

STIKes Muhammadiyah Palembang melahirkan Program Studi Baru DIV Analis Kesehatan mulai tahun akademik 2017/2018 siap menerima mahasiswa baru.  Prodi ini lahir dalam rangka memenuhi animo masyarakat dan belum ada perguruan tinggi di Sumatera Selatan yang membuka prodi DIV Analis Kesehatan.  Dalam rangka memperkenalkan Prodi DIV Analis Kesehatan STIKes MP maka Jum’at (30/03)  bertempat di Aula STIKes MP, telah digelar acara Pelantikan Ketua Program Studi DIV Analis Kesehatan Bapak Aristoteles, S.Kp., M.Kes Masa Jabatan 2017 – 2021 yang dilantik oleh Ketua STIKes MP dan louncing Prodi DIV Analis Kesehatan. Turut hadir kegiatan ini Ketua PWM Sumsel Prof. DR. H. Romli M.Ag, Ketua BPH STIKes MP Drs. H. Abu Hanifah, Wakil Ketua I Heri Shatriadi, S.Pd., M.Kes, Wakil Ketua III Nilam Hairani, S.Ag., M.Pd dan civitas akademika Muhammadiyah serta tamu undangan lainnya.  Setelah Pelantikan dilanjutkan dengan  Workshop Kurikulum DIV  Analis Kesehatan yang menghadirkan Narasumber Bapak Atna Permana, SKM., M.Biomed. dari DPPPersatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI), Diah Navianti, S.Pd., M.Kes Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI) Palembang serta Andri Sukeksi, SKM., M.Si (Ketua Program Studi D IV Analis Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang)

Workshop kurikulum D-IV analis kesehatan adalah suatu kegiatan guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai standard serta mampu bersaing secara global menjadi tujuan bagi setiap lembaga pendidikan, oleh karena itu setiap penyelenggara pendidikan dituntut untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Pelaksanaan proses pembelajaran mencakup pengembangan berbagai strategi, metoda dan media dalam mengembangkan interaksi yang menyenangkan, menantang dan interaktif serta adaptabel bagi peserta didik. Penilaian hasil belajar merupakan penilaian terhadap ketercapaian hasil belajar dan kompetensi peserta didik baik yang dilakukan oleh dosen maupun oleh satuan pendidikan.

Untuk itu di Prodi DIV Analis Kesehatan STIKes MP berusaha menciptakan SDM analis kesehatan sesuai dengan ilmu dan keterampilan serta  mengerti tugas pokok dari analis kesehatan adalah melaksanakan pelayanan laboratorium kesehatan meliputi bidang hematologi, kimia klinik, mikrobiologi, imunologi-serologi, toksikologi, kimia lingkungan, kimia makanan-minuman, kimia air, patologi anatomi, biologi dan fisika.

Dalam sambutannya Sri Yulia menegaskan bahwa alhamdulillah, setelah melalui proses panjang pengusulan prodi DIV Analis Kesehatan yang pada akhirnya diterbitkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI No.522/KPT/I/2016 tanggal 7 Desember 2016.  Kami berkomitmen bersama dengan ketua prodi yang baru dilantik siap  mengembangkan prodi DIV Analis Kesehatan dengan memprioritaskan Peningkatan Akreditasi, SDM, Perluasan akses dan Pencitraan STIKes MP, kerjasama dengan Universitas-universitas baik nasional maupun Internasional, pengembangan sarana dan prasarana serta Fasilitas pendidikan di STIKes MP yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Pelantikan ini membawa konsekuensi logis bahwa aspek kehidupan yang dijalani baik secara pribadi maupun institusi, harus menggambarkan kesiapan ketua prodi untuk mengemban amanah, amanah biasanya bersanding dengan fitnah tapi tidak perlu takut karena dengan niat tulus Allah akan memberikan balasan yang terbaik.  Amanah yang dipercayakan oleh Persyarikatan untuk periode 4 tahun yang akan datang sehingga dapat mewujudkan cita-cita serta visi misi STIKes MP yang diharapkan.

Ketua PWM Sumsel Prof. DR. H. Romli M.Ag mengatakan selamat kepada STIKes MP yang telah melahirkan prodi baru DIV Analis Kesehatan sehingga sekarang menjadi 7 Program Studi yang ada di STIKes MP yang merupakan bagian dari amal usaha muhammadiyah milik Persyarikatan Muhammadiyah, teruslah menjalin kerjasama dan berkoordinasi dengan BPH, PWM maupun PP Muhammadiyah. Semoga kedepannya STIKes MP menjadi lebih baik dalam melahirkan tenaga-tenaga kesehatan yang Profesional, Berkualitas dan Islami.