STIKes Muhammadiyah Palembang Gelar Wisuda X

STIKes Muhammadiyah Palembang Gelar Wisuda X

Category : Berita Utama

2- Pemindahan Kuncir oleh Ketua Stikes Muhammadiyah Palembang 3- para peserta Wisuda ke-X Stikes Muhammadiyah Palembang 4- penyerahan nama-nama alumni dari ketua Stikes Muhammadiyah kepada masing-masing ketua Profesi se-Sumsel 5- foto bersama Senat dan para tamu kehormatan dalam Wisuda ke-X Stikes Muhammadiyah Palembang 6- Pelantikan para Wisudawan dan Wisudawati dari masing-masing Profesi

# Satu-satunya Sekolah Tinggi Kesehatan di Sumsel Terakreditasi B dari BAN-PT dan LAM-PTKes

                STIKES Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) secara resmi kembali melepas para tenaga kesehatan profesional, unggul dan berkarakter islami ke tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut ditandai dengan prosesi Wisuda ke-X tahun 2016, Rabu (31/8) bertempat di gedung Opi Convention Center (OCC) Jakabaring, Palembang. Total jumlah lulusan yang diwisuda  tahun ini sebanyak 428 orang, yang terdiri dari Profesi Ners  84 orang, Sarjana Keperawatan 92orang,  D3 Kebidanan 128 orang,  D3 Keperawatan 50 orang,  D3 Fisioterapi 51 orangdan D3 Kesling 23 orang. Dengan demikian,  hingga tahun akademik 2015/2016 alumni STIKes MP adalah sebanyak 2.770 orang dan sebanyak 2.370 orang telah tersebar di beberapa instansi pemerintah/ BUMN, maupun swasta atau mandiri.

Dalam sambutannya Ketua STIKes MP Sri Yulia SKp Mkep mengatakan Pada tahun 2014, STIKes MP telah meraih akreditasi intitusi predikat B dari BAN-PT,  Program Studi D III Kesehatan Lingkungan dan D III Fisioterapi Terakreditasi B,  serta  sejak Maret 2015 Program Studi D III Keperawatan, D III Kebidanan, PSIK & Ners meraih Akreditasi predikat B dari BAN PT – LAMPTKes. Sehingga untuk di Sumatera Selatan, STIKes MP merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Kesehatan yang Terakreditasi B, baik Institusi maupun Program Studi-nya.

“kami terus melakukan pembangunan dan penambahan perangkat pendukung perkuliahan, baik fasilitas gedung yang berupa Laboratorium, Perpustakaan, Asrama, ruang kelas hingga SDM tenaga pengajar yang dalam hal ini para dosen. Untuk pendidikan lanjut bagi tenaga dosen, ditahun ini ada sebanyak 10 orang yang sedang menempuh studi lanjut, 9 orang ke jenjang S2; dimana 7 orang di Perguruan Tinggi bereputasi di Indonesia dan 2 orang di Chulalongkhon University dan satu orang ke jenjang S3 yang sesuai dengan bidang ilmu (linier) di Khon Kaen University. Di tahun ini, ada sebanyak 11 orang dosen yang telah menyelesaikan studi lanjutnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Seluruh dosen tetap yang ada di STIKes MP minimal memilki pendidikan S2,” ujar Sri Yulia.

“Seiring dengan dihadapinya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan sesuai dengan visi daya saing global dan nasional yang dimiliki oleh STIKes MP, sudah selayaknya berbagai tantangan yang dihadapi bangsa ini terkait persaingan manusia di berbagai sektor yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama.  Permasalahan bangsa dalam menciptakan lapangan kerja dan mengatasi pengangguran bukanlah mudah.  Tapi Insya Allah, lulusan STIKes Muhammadiyah Palembang merupakan salah satu solusi yang patut diperhitungkan dalam mengahadapi hal itu.  Kebutuhan pasar kerja nasional dan internasional untuk Tenaga Kesehatan masih tinggi dan ini adalah peluang nyata bagi Lulusan STIKes MP,” tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutan Kopertis Wilayah II, mengharapkan agar STIKes MP terus meningkatkan Kinerjanya, dan terus melakukan pembangunan baik Sarana-prasarana maupun tenaga Pengajar, agar menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang Profesional dan unggul serta memiliki daya saing tinggi.

Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Ketua Majelis Dikti PP Muh Prof.H. Lincolin Arsyad, PhD mengatakan STIKes MP sangat bagus perkembangan baik dari Akreditasi, Sarana-prasarana, serta tenaga dosen yang memiliki kualitas sangat baik, dan semua memiliki pendidikan minimal S2. Manajemen STIKes MP juga mengikuti Regulasi pemerintah, walaupun pendaftarnya banyak, tapi tidak seluruhnya diterima, demi menjaga Rasio jumlah dosen dengan mahasiswa, sehingga kualitas perkuliahan di STIKes MP menjadi lebih baik  (105/adv).


Translate »