4- penandatanganan berita acara serah terima mahasiswa PKL Terpadu

 

5-suasana pembukaan PKL Terpadu STIKes Muhammadiyah Palembang di Kecamatan Gandus Palembang

6- foto bersama Civitas Akademika STIKes Muhammadiyah Palembang dengan Unsur Muspika Gandus

PRAKTEK Kerja Lapangan (PKL) Terpadu merupakan salah satu upaya STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) dan Program Studi untuk meningkatkan mutu lulusan. PKL ini ditambahkan dengan kata Terpadu yang artinya dalam pelaksanaan PKL tersebut ada Kolaborasi antara Program Studi Kesehatan Lingkungan, Kebidanan dan Keperawatan untuk mencari Solusi dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. tahun ini, STIKes MP memilih Kecamatan Gandus Palembang (mencakup 5 Kelurahan) sebagai lokasi PKL Terpadu, yang akan berlangsung dari tanggal 13 Maret hingga 3 April 2017. PKL Terpadu ini diikuti sebanyak 141 Mahasiswa yang nantinya akan bersosialisasi langsung dengan warga Kecamatan Gandus.

Dalam sambutan Ketua STIKes MP yang disampaikan oleh Wakil Ketua II Yudiansyah SKM Mkes mengatakan nantinya mahasiswa PKL Terpadu akan melakukan Survey dari rumah ke rumah untuk memperoleh data kondisi kesehatan masyarakat dan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat, dari data yang diperoleh mahasiswa akan mencari Solusi yang selanjutnya akan dimusyawarahkan dengan Pemerintah dan warga setempat, sehingga nantinya solusi yang ditawarkan mahasiswa PKL Terpadu benar-benar dibutuhkan masyawarakat.

Sementara itu, dalam sambutan Camat Gandus yang diwakili Kasi PMK Padrinaldo ST menyambut baik PKL Terpadu STIKes MP tersebut, dan mengucapkan terima kasih karena telah memilih lokasi PKL Terpadu di Kecataman Gandus, Palembang. Padrinaldo berharap nantinya mahasiswa PKL Terpadu mampu meningkatkan Taraf Kesehatan warga gandus.

STIKes MP saat ini telah Terakreditasi secara Institusi dengan peringkat B, dan Merupakan Satu-satunya Sekolah Tinggi Kesehatan di Sumsel yang memiliki hasil Tersebut. Sebagaimana yang telah disebutkan oleh Kopertis Wilayah II, bahwa STIKes MP merupakan 1 dari 4 Perguruan Tinggi di Kota Palembang yang masuk Program Peningkatan dari Akreditasi B menjadi A. Oleh karena itu STIKes MP selalu Komitmen untuk selalu meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mutu lulusan sehingga mampu bersaing di pasar kerja dalam lingkup Lokal, Nasional, Regional dan Global sebagai jawaban dari kepercayaan Pemerintah tersebut. Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai 1200 orang, STIKes MP kini sedang mengusulkan penambahan Program Studi baru ke Kemenristek Dikti, yaitu Program Studi Sarjana Gizi, D IV Manajemen Informasi Kesehatan dan Profesi Bidan, yang Program studi yang tengah diusulkan tersebut belum ada di Sumsel (105/adv).

STIKes Muhammadiyah Palembang  terkareditasi B, Pendaftaran Mahasiswa Baru telah dibuka mulai 1 Maret sampai – 31 Agustus 2017 dengan program studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners, DIV Analis Kesehatan, DIII Keperawatan, DIII Kebidanan, DIII Kesehatan Lingkungan dan DIII Fisioterapi.