DSC_5218

 

Perkembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang pesat sekarang ini, membuat kita harus membuka diri dalam menerima perubahan-perubahan yang terjadi akibat kemajuan dan perkembangan tersebut. Dalam masa persaingan yang sedemikian ketatnya sekarang ini, menyadari SDM merupakan model utama dalam suatu usaha, maka kualitas tenaga kerja harus dikembangkan dengan baik, sehingga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Palembang diharapkan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk lebih mengenal dunia kerja dengan cara melepas mahasiswa ke tengah-tengah masyarakat melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) Terpadu.

Salah satu upaya STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) dan Program Studi untuk meningkatkan mutu lulusan adalah melalui PKL Terpadu yang rutin dilakukan setiap tahunnya. PKL ini ditambah dengan kata Terpadu artinya dalam pelaksanaan PKL ini terjadi kolaborasi antara Program Studi untuk mencari solusi dan alternatif pelaksanaan kegiatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat setempat bekerjasama dengan pemerintah setempat.

Tahun ini, PKL Terpadu STIKes MP berlokasi di Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir. Sebanyak 238 mahasiswa dilepas oleh Ketua STIKes MP dan diterima Unsur Perangkat Kecamatan Pemulutan Barat, Senin (5/3). Hadir dalam pembukaan PKL Terpadu 2018 tersebut Ketua STIKes MP Sri Yulia, S.Kp., M.Kep, Ketua BPH Abu Hanifah, Camat Pemulutan Barat Anam Alfurkon, SH, para dosen, tokoh masyarakat serta Unsur Perangkat Kecamatan Pemulutan Barat.

Dalam sambutannya Ketua STIKes MP mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ogan Ilir melalui Kadinkes OI dan Camat Pemulutan Barat yang telah mengizinkan pelaksanaan PKL Terpadu di wilayah ini. Dengan pelaksanaan dari tanggal 5 Maret hingga 26 Maret 2018 tersebut diharapkan PKL Terpadu ini mampu membantu program pemerintah Kabupaten OI khususnya di kecamatan Pemulutan Barat dalam bidang kesehatan seperti pembinaan masyarakat yang sehat, mandiri, dan menciptakan lingkungan sehat serta meminimalisir masalah-masalah kesehatan terutama yang menyangkut kesehatan ibu dan anak, kesehatan lansia dan kesehatan lingkungan.

Sementara Camat Pemulutan Anam Alfurkon, SH menyambut baik pelaksanaan PKL terpadu ini. Dengan nama besar dari STIKes MP sebagai salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Favorit dan terkemuka di Sumsel, pemerintah dan masyarakat yakin kehadiran PKL Terpadu ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan pembangunan khususnya bidang kesehatan di wilayah Kecamatan Pemulutan Barat.

Saat ini STIKes MP secara institusi telah terakreditasi dengan peringkat B, STIKes MP secara konsisten terus berupaya dalam meningkatkan mutu SDM dan fasilitas agar tetap memiliki daya saing tinggi khususnya di Kota Palembang(