Rabu (13/9) bertempat di Opi Convention Center (OCC), Jakabaring Palembang, STIKes MP gelar Wisuda program Diploma dan sarjana serta Pelantikan Ners yang dihadiri tamu undangan dan orang tua/wali.

Sebanyak 450 lulusan dari Program Diploma Keperawatan, Diploma Kesehatan Lingkungan, Diploma Fisioterapi, Diploma Kebidanan dan Sarjana Keperawatan serta Program profesi Ners. Hingga saat ini, total lulusan STIKes MP sejak berdiri adalah sebanyak 3.331 lulusan yang telah tersebar di berbagai jenis lapangan pekerjaan.

Dalam sambutannya Ketua STIKes Muhammadiyah Palembang Sri Yulia SKp Mkep mengatakan saat ini, STIKes MP sedang dan akan selalu melakukan langkah-langkah untuk menuju ke arah institusi yang lebih baik lagi sesuai dengan visi yang dimiliki. Di usia STIKes MP ke 12 tahun, telah bertambah 2 prodi baru yaitu prodi Sarjana Teknologi Laboratorium Medik (sejak tahun 2015) dan bulan Agustus 2018 bertambah 1 prodi lagi, mendapatkan  persetujuan ijin penyelenggaraan Prodi Sarjana Gizi dan saat ini sedang menunggu terbit SK untuk legalisasi proses penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

“Selain itu, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi ke depan terhadap kontribusi dan eksistensi STIKes MP di masa yang akan datang, maka sejak tahun 2017 proses perubahan bentuk STIKes MP menjadi Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang telah dilaksanakan, diiringi proses penambahan prodi baru yang relevan antara lain Prodi Sarjana Terapan Rekam Medik, Profesi Bidan, Sarjana Ilmu Olahraga/Sport Science, Sarjana Adminstrasi Rumah Sakit, Sarjana Sistem Informasi dan beberapa prodi lain yang relevan terkait perubahan bentuk tersebut,” ujarnya.

“Seiring dengan dihadapinya Masyarakat Ekonomi Asean dan sesuai dengan visi daya saing global dan nasional yang dimiliki oleh STIKes MP, sudah selayaknya berbagai tantangan yang dihadapi bangsa ini terkait persaingan manusia di berbagai sektor yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama. Permasalahan bangsa dalam menciptakan lapangan kerja dan mengatasi pengangguran bukanlah mudah. Tapi Insya Allah, lulusan STIKes Muhammadiyah Palembang merupakan salah satu solusi yang patut diperhitungkan dalam mengahadapi hal itu.  Kebutuhan pasar kerja nasional dan internasional seperti Jepang, Timur Tengah, dan beberapa negara lainnya untuk Tenaga Kesehatan masih tinggi dan ini adalah peluang nyata bagi lulusan STIKes MP,” kata Sri Yulia.

Sesuai visi misi STIKes MP maka proses pendidikan di STIKes MP dibangun dan dikembangkan untuk menciptakan lulusan yang mampu bersaing di tatanan regional, nasional dan global. Iklim keterbukaan melalui kerjasama yang dijalin STIKes MP dengan berbagai komponen baik ditingkat Nasional maupun Internasional, dapat menciptakan tantangan sekaligus peluang dalam keterserapan tenaga kesehatan sebagai produk jasa dibidang kesehatan. Lulusan STIKes MP diyakini mampu mengambil bagian serta mampu menjadi sumber daya yang handal dan membanggakan bagi persyarikatan Muhammmadiyah serta negara dan bangsa Indonesia.