Pembekalan Manasik Haji Mahasiswa STIKes MP

Pembekalan Manasik Haji Mahasiswa STIKes MP

Category : Berita Utama

Sabtu, 26 Oktober 2019 di Auditorium STIKes MP dibuka oleh Wakil Ketua III, Bapak Imam Haryoko, S.Psi.,M.Kes dan dihadiri Lembaga, Dosen AIK dan peserta mahasiswa semerter III STIKes MP. Dalam pembekalan manasik haji ini hadir  pemateri bapak Sayid Habiburrahman, M.Pd.I.

Pelaksanaan kegiatan Pembekalan Manasik Haji yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) merupakan organisasi otonom yang memberikan sumbangsih perkaderan bagi persyarikatan Muhammadiyah. Sebagai organisasi kader, IMM memposisikan perkaderan sebagai hal yang paling mendasar. Perkaderan akan meregenerasi personal dalam mewujudkan tujuan organisasi dan melanjutkan estafet kepemimpinan. Perkaderan IMM memiliki tanggung jawab dalam ranah keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan. Ranah perkaderan IMM ini yang disebut dengan istilah Tri Kompetensi Dasar (Religiusitas, Intelektualias dan Humanitas).   

Salah satu dari Program Kerja IMM adalah Pelaksanaan Manasik Haji yang terangkum dalam mata kuliah Praktik Ibadah yang harus diikuti mahasiswa semester III STIKes MP.

Kenapa kegiatan ini tidak kalah penting karena kegiatan ini merupakan Praktik Ibadah AIK III (Praktik Ibadah). Haji dan umrah ibadah yang dianjurkan, apalagi Haji merupakan rukun islam yang kelima, sebagaimana firman Allah.

Pengertiaan manasik  hajii adalah petunjuk/penjelasan cara mengerjakan dan sebagai tuntunan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur Ka’bah dan dilaksanakan sebelum berangkat ke tanah suci.

Disampaikan dallam sambutan Wakil Ketua III  bapak Imam Haryoko  output dari kegiatan ini, mahasiswa dapat menambah wawasan Tentang Ibadah Haji, menanamkan sedini mungkin kepada Mahasiwa/i STIKes Muhammadiyah Palembang tentang kewajiban haji bagi setiap muslim, sebagai pemahaman serta   memberikan pemahaman tentang pelaksanaan manasik haji serta menjalin silaturahim antar mahasiswa  STIKes MP. Kepada mahasiswa selamat mengikuti kegiatan pembekalan manasik haji ini dengan tertib.


Translate »