Wisuda XIII STIKes MP

Wisuda XIII STIKes MP

Category : Berita Utama

STIKes Muhammadiyah Palembang (STIKes MP) gelar Wisuda ke XIII, Rabu (21/8) bertempat di Opi Convention Center (OCC) Palembang. Wisuda tersebut diikuti sebanyak 472 Mahasiswa, terdiri dari Program Sarjana Keperawatan 149 Mahasiswa, Program Profesi NERS 93 Mahasiswa, Program DIII Keperawatan 52 Mahasiswa, Program DIII Kesehatan Lingkungan 19 Mahasiswa, Program DIII Fisioterafi 62 Mahasiswa, dan Program DIII Kebidanan 97 Mahasiswa. Serta 142 mahasiswa program Rekognisi pembelajaran lampau (RPL) .

Saat ini, jumlah seluruh peserta didik yang sedang melakukan proses belajar mengajar di STIKes MP sebanyak 1.542 mahasiswa. Angka tersebut belum ditambah Mahasiswa baru tahun Akademik 2019/2020 yang per tanggal 25 Agustus 2019 sudah terdaftar sebanyak 476 mahasiswa, dan saat ini STIKes MP masih menerima pendaftaran mahasiswa baru hingga akhir Agustus 2019. Dari tahun 2017 hingga 2019, total jumlah lulusan STIKes MP tercatat sebanyak 4.540 mahasiswa.

Dalam sambutan Ketua STIKes MP Heri Shatriadi mengatakan mahasiswa yang diwisuda ini telah dibekali kemampuan secara komprehensif, kami yakin lulusan ini akan mampu mewarnai pelayanan kesehatan di negara yang kita cintai ini, dengan warna islami, berkemajuan dan berdaya saing, semoga ilmu yang didapatkan selama kuliah bermanfaat bagi nusa dan bangsa dan tentu saja bagi masing-masing lulusan,”.

“Pesan kami selalu optimis bahwa masa depan anda semua akan dihiasi oleh hari-hari yang indah. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua ataupun wali yang mempercayakan STIKes MP untuk mendidik putra-putrinya agar menjadi tenaga kesehatan yang islami, berkemajuan dan berdaya saing tinggi,” pungkas Heri.

Ketua LLDIKTI Wilayah II, Selamet Widodo memberikan apresiasi kepada STIKes MP sebagai salah satu sekolah tinggi kesehatan terbaik di Sumsel dan memberikan rekomendasi perubahan bentuk menjadi Istitut kesehatan.

Ketua PWM Sumsel  Dr. H. Romli SA M.Ag mengharapkan agar para lulusan yang baru dilantik mampu mengangkat derajat kesehatan masyarakat Sumsel. “Dalam Islam kesehatan adalah hal yang penting, dan nabi Muhammad selain menganjurkan untuk menjaga kesehatan, juga menganjurkan untuk menjaga lingkungan. Kehadiran STIKes MP ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui mahasiswa maupun alumninya tentang arti penting kesehatan dalam Islam,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Majelis Dikti PP Muhammadiyah M. Sayuti M.Pd M.Ed P.Hd mengatakan Dalam tren Revolusi Industri 4.0, Sarjana muda ataupun ahli madya ini adalah langkah awal, dan tidak boleh berhenti sampai disini. Mereka dituntut melakukan program Life Long Learning, yaitu pembelajaran sepanjang hayat. Lulusan harus terus memperbaharui pengetahuannya mengingat kehidupan di dunia terus mengalami pertumbuhan.

Sejak tahun 2014 STIKes MP telah terakreditasi B oleh BAN PT sebagai sebuah institusi, jika diperhatikan pada tahun tersebut dan 3 tahun setelahnya maka STIKes MP merupakan satu-satu nya institusi di Bidang Pendidikan Tinggi Kesehatan yang berada di wilayah Sumsel yang terakreditasi B  dan program studi yang ada pada tahun 2014 semuanya memperoleh akreditasi B dari BAN PT dan LAM PTKes. Perkembangan selanjutnya adalah usaha mendirikan program studi baru dan pada tahun 2016 STIKes MP memperoleh izin operasional dari Kemenristekdikti untuk penyelenggaraan Program Studi DIV TLM atau D4 Analis Kesehatan, selanjutnya pada tahun 2018 STIKes MP juga memperoleh izin pendirian program studi sarjana gizi.

pada tahun 2019 STIKes MP baru saja mengajukan reakreditasi 3 program studi. Diploma yaitu D3 kesling, D3 Fisioterapi dan DIV TLM. hasil yang peroleh dimana 3 program studi tersebut D3 Kesehatan Lingkungan berhasil  Terakreditasi A dari LAM PTKes dan satu-satu nya program studi kesehatan yang sejenis yang terakreditasi A di lingkup L2DIKti Wilayah sumsel, babel, lampung dan Bengkulu. DIV TLM terakreditasi karena ini baru pertama kali dan belum meluluskan serta D3 Fisioterapi berhasil mempertahankan Akreditasi B.


Translate »